Entry: Hari Perempuan Sedunia Wednesday, March 08, 2006



"Selamat Hari Perempuan!"

Aku dengan sok jayus mengucapkan selamat ke mahluk-mahluk perempuan di kantor; salah satunya waktu ke kamar mandi dan ketemu sekretaris Pemred dan temen cewek. Sekretaris Pemred terus berkomentar, "iya yah, banyak banget hari buat cewek. Hari Ibu, Hari Kartini, Hari Perempuan.."

Dan aku menimpali, "Iya, tapi teteup aja...nasibnya.."

"Iya," tegas si sekretaris Pemred. "Setinggi-tingginya kita mau mikirin karir, nggak bisa,  yang urusan rumah tetap harus kepegang. Susah," tambahnya sambil menghapus sabun bekas cuci muka.

***

Malamnya, waktu mbuka Guardian Online, ada kuis yang berhubungan dengan International Women's Day; di rubrik 'Books', "Take Our Quiz on Women Writers" judulnya..

Dan end resultnya, aku cuman bisa dapet skor 3 out of 10. Komentarnya:

You scored 3 out of a possible 10
"He buys me books, but begs me not to read them,
because he fears they joggle the mind."
Emily Dickinson
Go on, risk joggling your mind a bit more; stock up on some Virago titles, now!

Tapi, dari kuis itu, jadi keinget salah satu kutipan dari Virginia Woolf yang pernah aku baca. Aku lupa tepatnya kata-katanya, tapi intinya, if a woman wants to write fiction for a living, then she would need money and a room of her own.

Dari kuis itu, ada refleksi juga sih, terutama dengan book-a-thon yang lagi aku jalanin. Keberadaan karya penulis perempuan di buku-buku yang aku baca kok minim ya?

Katanya memang ada perbedaan tulisan karya penulis perempuan dan lelaki, sesuatu dengan cara mereka menggambarkan, tapi aku belum cukup perseptif melihat perbedaan itu.

(Sama seperti mendengarkan musik, katanya lelaki akan cenderung memilih beat-beat yang melodis dan dinamis, sementara perempuan lebih akan memilih/mementingkan lirik. Benarkah?)

Mungkin sudah saatnya aku membaca 'Rebecca', atau 'Jane Eyre'. Well, 'Mrs Dalloway' juga bisa dimulai lagi, dan oh, 'Persuasion' belum disentuh. Dan, aaargh, karya penulis perempuan Vietnam itu juga masih berhenti di tengah jalan! Banyak pilihan juga ya ternyata..

   1 comments

Jim
March 10, 2006   03:34 AM PST
 
ikutan juga deh...selamat hari perempuan ;));))........
(Sama seperti mendengarkan musik, katanya lelaki akan cenderung memilih beat-beat yang melodis dan dinamis, sementara perempuan lebih akan memilih/mementingkan lirik. Benarkah?)<<<<<menurut sayah sih benar :D

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments