Entry: Multitasking Bacaan Wednesday, February 08, 2006



Rory Gilmore, atau nonton Gilmore Girls-lah, berguna buat ngasih beberapa tips dan motivator buat mbaca lebih banyak. Apakah aku terlalu sering mengatakannya? Ouw, sorry. Ah, what the hell. Emang bener kok.

Episode-nya pas Rory ngadepin finals, dia belajarnya multitasking gitu, "So for example, if I've hit a Bolshevik Revolution overloads, I shift over, and hello...Louis XVI is getting his head chopped off, and if I move over, there's Algebra (or Calculus gitu, aku rada lupa)".

Lorelei: "Wow, saving the party subject for last, huh?"
Rory: "It just seems to produce better results"

Nah, aku jadi mengadopsi teknik ini untuk mbaca. Emang udah my nature to get bored so easily. Too easily, in fact. Jadi, pas kemaren nge-organise buku di lemari kecil, lebih banyak yang ada di bagian 'udah setengah dibaca, tapi belum selesai karena keburu pindah ke buku lain' dari pada bagian 'belum dibaca sama sekali' atau 'sudah selesai dbaca'. Dan I used to feel very guilty about it. Karena rasanya, bagian lemari itu membuktikan asumsi ibuku tentang aku, yang never being able to finish anything.

Little did I know (haduh), kalo mungkin Attention Deficit Disorder itu emang sifat alami-ku, dan emang aku harus nyari jalan untuk ngelompatin masalah itu. Ugh, kenapa coba, nggak dari dulu-dulu kepikiran mbaca kayak gini?  (And not feeling guilty about it...)

Jadi sekarang, korbannya emang tas-ku jadi rada berat, tapi tak apalah, setidaknya biar bisa selesai mbaca buku. Sekarang jadi ada 4, 5, 6-an buku lah di tas. Dan ketika aku mengalami Tolstoy overload, hello...ada Stephen King lagi ngajarin nulis, terus bosen lagi...ada laporan jurnalisme mendalam yang bisa ngajarin cara nulis reportase yang menarik, terus ada Hemingway yang menawarkan kisahnya tentang menikmati nonton adu banteng di Pamplona bareng temen-temennya, dan...kumpulan short stories.

Sebagai seorang perempuan, multitasking harusnya udah jadi second nature kan?

Dan sejauh ini juga cukup bisa mengatasi kebosenan-kebosenan pas mbaca juga kok. Terus ada satu hal lagi yang bisa diambil dari Rory, attitude-nya yang ngerasa dia ketinggalan dalam daftar bacaannya, terus dia menggunakan semua waktu luang yang ada untuk 'catch up on (my) reading'. ("But I need to catch up on my reading.."-->ingat-ingat Nari, and live by it...)

   0 comments

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments