PENARI MUNGIL


(Saya bukan seorang penari. Pun sangat jauh dari mungil. Tapi, tahu kan adegan 'Tiny Dancer' di 'Almost Famous'? Sensasi membahagiakan dari adegan itulah yang saya kejar..)



Hold me closer, tiny dancer

Count the headlights on the highway

Lay me down in sheets of linen

You had a busy day, today


("Tiny Dancer" - Elton John)





"...the quest for transcendence has always been closely linked to the ecstatic release of dancing."
(Resensi RollingStone atas sebuah album pop)

Mr. Darcy: "So what do you recommend, to encourage affection?"
Elizabeth Bennet: "Dancing, even if one's partner is only tolerable."
(Pride & Prejudice, 2005)


perempuan, 1983, lovesick soul, berjalan kaki, belajar menulis, menonton film, ingin keliling dunia, Billie Holliday, Jane Austen, 'Franny and Zooey', cerita pendek F Scott Fitzgerald, lagu-lagu sedih, kecanduan membeli buku second, deretan buku di lemari, berkeliling dengan bis kota, mengepak koper, menari bebas, Vogue, sepatu, bad boys, kopi, kuliner, foto, semua yang vintage, genggaman tangan, pelukan hangat, detil percakapan antara manusia, kegelisahan, kesepian, ruang pencarian, belajar dewasa, museum dan bangunan tua, hari hujan, sinar matahari hangat di hari berangin, airport, stasiun kereta, dan pertanyaan tanpa akhir

YM: isyana_artharini
Email: i.artharini@gmail.com
   

<< April 2008 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30


If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed



Wednesday, April 23, 2008
Sekilas

April dimulai secara ambisius dengan tiga nama. Olenka, Tristram Shandy dan Lolita.  Yang pertama ketemu nggak sengaja (ah, I wish my luck with meeting boys are like my luck with meeting books. Well then I still have the 'unlucky' part of finishing them. Buku-buku, maksudnya.), yang kedua dan ketiga pinjam di Perpus Diknas.

(Sebentar, hah, itu buku kayaknya udah telat dibalikin...Oh, oh)

Tapi akhirnya masih belum lepas dari halaman-halaman pertama. Olenkanya sih lumayan, sekitar halaman 50an gitu...dan ternyata nggak butuh waktu lama untuk mencernanya.

Adegan-adegan dalam lift-nya Budi Darma kok selalu membuatku merinding ya? Merinding karena mengantisipasi adanya kejadian yang membuatku ketakutan. Pokoknya agak mengingatkan sama pas nonton The Shining deh.

Tapi lalu ada imajinasi tentang peta yang cukup mengasyikkan itu, haha.

Tristram Shandy-nya malah belum aku buka sama sekali. Lolita-nya..baru halaman berapa ya?

Dan oh, berhasil melewati batas halaman 100 Mansfield Park. Akhirnya aku tahu apa yang 'salah' dengan Fanny Price. Dia seperti teman yang mengesalkan karena nggak pernah mau diajak melakukan sesuatu yang nakal. Seperti dia berpegang terlalu keras pada norma-norma kebaikan dan kesopanan yang ia yakini dan ia harapkan dari society. Mungkin pada akhirnya dia mendapatkan hadiahnya, tapi tetap saja...aku lebih suka ide tentang perempuan-perempuan sok tahu dan sok berani dengan standar nilainya sendiri sebelum akhirnya menerima pelajarannya. Yah, Elizabeth Bennett, Emma, Marianne Dashwood. Kalau Anne Elliott sih memang cuman tentang romance.

Night and Day-nya Virginia Woolf ternyata asyik juga. Maksudnya, aku nggak nyangka Virginia Woolf bisa segitu readable. Dan menyenangkan. Penuh dengan manusia yang sibuk dengan pikirannya sendiri-sendiri sih memang, cuma terus mereka juga berinteraksi sama manusia lain.

Ternyata ya, pada satu masa, manusia-manusianya Virginia Woolf itu bisa 'sederhana'. Di kepala mereka ada sentimen-sentimen romantis yang mendasar tapi terus disamarkan (oleh si karakter) jadi sesuatu yang lebih intelek sedikit. Manusia-manusia yang jaim gitu. Dan mungkin malah terlalu sibuk dengan pikirannya masing-masing sampai nggak melakukan sesuatu yang bermakna, dari segi romantis maksudnya. Cuma berandai-andai saja.

Tunggu. Jangan-jangan aku melakukan hal yang sama?

Dan, oh, ada versi komiknya Proust. Tapi itu mungkin bisa jadi cerita lain lagi.

Posted at 07:41 pm by i_artharini

 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry