PENARI MUNGIL


(Saya bukan seorang penari. Pun sangat jauh dari mungil. Tapi, tahu kan adegan 'Tiny Dancer' di 'Almost Famous'? Sensasi membahagiakan dari adegan itulah yang saya kejar..)



Hold me closer, tiny dancer

Count the headlights on the highway

Lay me down in sheets of linen

You had a busy day, today


("Tiny Dancer" - Elton John)





"...the quest for transcendence has always been closely linked to the ecstatic release of dancing."
(Resensi RollingStone atas sebuah album pop)

Mr. Darcy: "So what do you recommend, to encourage affection?"
Elizabeth Bennet: "Dancing, even if one's partner is only tolerable."
(Pride & Prejudice, 2005)


perempuan, 1983, lovesick soul, berjalan kaki, belajar menulis, menonton film, ingin keliling dunia, Billie Holliday, Jane Austen, 'Franny and Zooey', cerita pendek F Scott Fitzgerald, lagu-lagu sedih, kecanduan membeli buku second, deretan buku di lemari, berkeliling dengan bis kota, mengepak koper, menari bebas, Vogue, sepatu, bad boys, kopi, kuliner, foto, semua yang vintage, genggaman tangan, pelukan hangat, detil percakapan antara manusia, kegelisahan, kesepian, ruang pencarian, belajar dewasa, museum dan bangunan tua, hari hujan, sinar matahari hangat di hari berangin, airport, stasiun kereta, dan pertanyaan tanpa akhir

YM: isyana_artharini
Email: i.artharini@gmail.com
   

<< October 2006 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
01 02 03 04 05 06 07
08 09 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31


If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed



Monday, October 02, 2006
Takut

"Sometimes it's interesting to see just how bad 'bad writing' can be. This promised to go the limit. "

(Joe Gillis, Sunset Boulevard - 1950)


Hari ini sempet mbaca-mbaca lagi buku yang udah aku beli sejak dua tahun lalu, judulnya "Cukup Beranikah Anda Untuk Kreatif?" Kedengerannya emang agak bernada self-help, tapi ada poin-poin di ringkasannya yang memang sedang aku cari jawabannya. Dan buku ini berjanji menjawabnya.

Tentang penulisnya, Rollo May, di sampul depan buku ditulis: pakar psikologi eksistensial. Hmm, 'pakar' tak lagi sebuah label yang membuatku percaya dengan mudah, dan setelah browsing Amazon sebentar, okelah...mungkin yang satu ini bisa disebut pakar.

Tapi, sebelum terpengaruh sama review Amazon, aku udah menikmati buku ini. Terutama dari contoh-contoh 'orang-orang kreatif' yang disebutnya dan dihubungkan dengan makna keberanian. Referensi mulai dari Camus, Sartre, Cezanne, Aleksander Solzhenitsyn, sampai puisinya...TS Elliot kalo nggak salah (atau Dylan Thomas ya? Aku agak lupa yang bagian itu); lengkap.

Mungkin memang genre-nya tetap self-help, tapi yang ini kerasanya kayak buku-buku filsafat 'pop'-nya Alain de Botton, cuman lebih tipis. Dan kalo pun genre-nya tetap self-help, nah, inilah contoh buku self-help yang ideal.

Aku beli buku ini pas jaman-jaman baru pertama balik, terus ide untuk 'berkreasi' lagi kencang. Aku merasa cukup berani lah pas masa itu. Walaupun ternyata hasilnya juga nggak segitu hebohnya. Sekarang sih keberanian itu udah hilang. Entah terjebak dalam rutinitas atau kehampaan hidup manusia modern (tsaaahhh...gayamu lho, Nar!)

Anyway, kemarin abis mbaca wawancaranya Juliette Lewis (ya, si aktris dan mantan pacar Brad Pitt) di The Guardian tentang membuat musik dan nge-band. Katanya, singkatnya sih, keinginan untuk bermusik itu selalu ada di dirinya, tapi selalu ditunda-tunda karena dia takut dengan hasilnya. Tapi sekarang, keinginan untuk bermusik itu jadi besaaaar banget, sampai mengalahkan rasa takutnya.

Jadi, itukah yang harus aku lakukan? Menunggu sampai keinginan itu menumpuk dan mengalahkan rasa takut? Enggak, kan? Menulis ya menulis. Tapi, aku masih takut.

Oh ya. Akhir pekan kemarin dihabiskan dengan menonton 'Sunset Boulevard'. Sabtu kemarin adalah salah satu siang/sore yang membuat aku bertanya, "duh, nggak ada film lama diputer di tivi ya yang cocok buat siang/sore weekend kayak gini?"

Dan keinget, eh, ada 'Sunset Boulevard' di atas. Sama ada 'Chitty Chitty Bang Bang' yang belum ditonton. Atau, ya nonton ulang 'My Fair Lady' ("The rain in Spain stays mainly in the plaiinnn...."). 'Sunset..' ternyata mengagumkan sekali. Dan ternyata aku juga punya 'The Birds'-nya Hitchcock. Oke, weekend ini, a Gilmore-style movie night can be on the way. (Hmm, pengen jadi anggotanya Subtitles lagi deh)

Kutipan di atas? Ah, cuman sejenis self-mockery aja.  Tentang ketakutanku akan kualitas tulisanku.


Currently discussing:
The Courage to Create
By Rollo May



Posted at 07:55 pm by i_artharini

 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry